Grid Autosport: Image Quality Investigation

Setelah beberapa waktu lalu kita melakukan test performa dan mencari setting terbaik untuk balance image quality dan performa di Grid Autosport, kini tiba saatnya kita lanjutkan dengan artikel Image Quality. Kita akan bicara AntiAliasing dan detil-detil yang lain.

Well, jadi ngefek banget atau tidak sih antara setting preset Medium, High, Ultra itu di Grid Autosport? Apa saja impactnya. Sebelumnya telah kami sepakati jika teman-teman Xenomers memainkan game ini, silahkan check kembali ke artikel terkait sebelumnya mengenai RAW performance laptop Xenom di game Grid Autosport.

ANTIALIASING

Di Grid Autosport opsi ini dapat dijumpai pada Video Mode dan bernama MultiSampling. AntiAliasing atau kemudian kita sebut AA adalah fitur graphic card untuk menghaluskan garis diagonal atau miring yang saling bertemu. Biasanya, garis-garis itu tidak dapat sempurna mulus dirender dan berbentuk seperti gerigi, nah di sinilah fungsi AA untuk menghaluskannya. Namun, AA ini acapkali berat dan membebani performa VGA. Jika teman-teman punya spek VGA dengan ROP dan MemoryBandwidth tinggi, maka silahkan pede bermain AA tanpa kendala.

Di Grid Autosport selain MSAA (umum) juga ada CMAA, yakni FXAA ala DirectX 11 yang efektif untuk menghaluskan gerigi di deffered lighting condition, dengan beban ringan, namun tak sepenuhnya menangani gerigi. Bagaimana impact AA kepada performa di Grid Autosport, berikut kami rangkum dengan testbed 2 VGA yang berbeda karakter di memory bandwidth. GTX 850M dengan 128bit 2GB GDDR3 dan GTX 860M dengan 256bit ber memory 4GB GDDR5. Keduanya kebetulan memiliki spesifikasi shader, ROP, TMU yang cukup mirip, namun jalur memory bandwidth amat berbeda. Xenomer bisa menjumpainya di Pegasus dan Shiva.

agr

Bagaimana dengan perbedaan Image Quality dengan tanpa AA hingga memakai 16xQ CSAA?

aaabbb

Apabila hendak mengamati lebih jelas maka sudah kami arsipkan full image nya yang bisa Anda download di sini. Kita bisa langsung menangkap perbedaan kualitas grafis dengan 0xAA dan seterusnya, garis-garis nya menjadi semakin smooth dengan opsi AA yang 'ultra'.

GRAPHIC DETAIL

Lalu bagaimana pula perbedaan preset ULTRA LOW, LOW, MEDIUM, HIGH, dan ULTRA detail di Grid Autosport? Well, karena laptop Xenom seri paling value dengan aman bisa main di detail Medium, maka kami tak akan mengikutsertakan Ultra Low dan Low.

aaa

Jika menginginkan full image yang lebih jelas dan high-res, maka Xenomers bisa download di sini.

Happy eye-candy gaming!

Leave a Reply